Batuk di Tengah Malam, Atasi Dengan Enam Metode Gampang Ini

Batuk kering ataupun berdahak di malam hari dapat mengganggu istirahat kita. Jika terjadi terus menerus, tubuh kita bakal gampang kecapekan lantaran tak dapat beristirahat dengan bagus.

Gravitasi menjadi salah satu alasan terbesar kenapa batuk sering semakin parah di tengah malam. Mudahnya, dikala meringkuk lendir di tenggorokan bakal semakin menumpuk dan walhasil batuk pun kerap muncul di malam hari.

Selain itu, udara kamar yang kering juga dapat memperburuk hidung serta tenggorokan yang telah mengalami iritasi. Santai, batuk di tengah malam rupanya bisa diobati dengan beberapa sistem mudah.

Berikut 6 metode mengobati batuk di tengah malam.

1. Minum obat ekspektoran
Obat ekspektoran seperti guaifenesin dapat menolong mengobati batuk di malam hari yang acap kali Anda alami. Ekspektoran dapat membantu mengencerkan lendir dan dapat mengurangi keinginanmu untuk batuk di malam hari.

2. Minum teh herbal dengan madu
Usahakan untuk meminum satu cangkir teh tanpa kafein sebelum tidur. Cara ini dapat mengobati batuk di malam hari yang Anda alami, karena tiap cairan hangat dapat menolong mengencerkan lendir di saluran napas.

3. Tidur dengan posisi bantal yang lebih tinggi
Dikala batuk di malam hari datang, gravitasi ialah musuh bagi kamu. Seluruh lendir yang Anda telan selama seharian dapat naik kembali ke tenggorokan dan mengiritasi dikala terbaring di tengah malam, hal itulah yang mengakibatkan Anda mengalami batuk di tengah malam.

4. Berkumur dengan air garam
Air garam bisa meredakan tenggorokan yang sakit dan mengalami iritasi. Selain itu, air garam pun menolong mengeluarkan lendir yang berada di belakang tenggorokan dan mengurangi rasa gatal di saluran napas.

5. Gunakan humidifier (pelembap udara)
Humidifier dapat membantu batuk kalau udara kering. Namun, terlalu banyak kelembapan di kamar tidur juga dapat membuatmu terbatuk di malam hari. Tungau, debu, jamur, bisa berkembang di udara yang lembap. Oleh karena itu, Anda bisa menjaga tingkat kelembapan udara di dalam ruangan antara 40 persen sampai 50 persen.

6. Jangan tidur di bawah kipas angin.
Hindari tidur di bawah kipas angin ataupun AC secara langsung, atau menghembukan kipas angin ke wajah. Hal ini dapat kian memperparah batuk.

Baca pula pelbagai info tentang cara mengatasi batuk gatal pada anak dan dewasa.